-Vie Zoel-

Foto saya
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
- Milanisti - kodokLover - LoveLove ungu

Senin, 18 November 2013

Peristiwa Menyenangkan dan Tidak Menyenangkan

Pritiwa penting dalam keluarga
Keluarga adalah orang yang terkait oleh pernikahan atau keturunan. Setiap orang mempunyai keluarga. Setiap keluarga memiliki peristiwa yang pentin di masa lalu. Peristiwa penting yang menyenangkan. Peristiwa ada yang menyedihkan dan ada yang menyenangkan. Peristiwa penting yang terjadi didalam keluargakadangkala yang diabadikan dan disimpan sebagai dokumentasi. Peristiwa yang diabadikan dan disimpan sebagai dokumentasi mempunyai maksud agar pristiwa yang pernah dialami dalam keluargaitu nantinya dijadikan cerita kepada generasi keturunannya.
Peristiwa penting yang dialami dalam keluarga itu,antara lain pernikahan,kelahiran anak, khitanan dan menempati rumah baru. Untuk lebih jelasnya, bacalah uraian berikut.
1.     Peritiwa Menyenangkan
a.     Pernikahan
Pernikahan adalah awal terbentuknyasebuah keluarga. Pernikahan dilakukan secara resmi atau sah di hadapan orang tua, saudara-saudara, para tetangga, dan saksi-saksi yang ditunjuk dari pihak keluarga. Mereka sengaja diundang untuk memberikan doa restu dan ucapan selamat atas berlangsungnya pernikahan.
Pada pesta pernikahan itu pengantin berkali-kali diambil foto-foto atau gambar dengan orang tua, sanak saudara, temansecara bergantian. Hal ini dimaksudkan untuk kenangan-kenangan atau sebagai dokumentasi keluarga.
b.     Pak Herman menikah dengan Bu Hera. Mereka menikah pada tanggal 5 Februari. Tanggal itu selalu diingat Pak Herman dan Ibu Hera. Tanggal 5 Februari merupakan hari penting bagi keluarga Pak Herman dan Bu Hera.
Dua tahun setelah menikah, Bu Hera hamil. Sembilan bulan kemudian, Bu Hera melahirkan bayi perempuan. Bayi perempuan itu diberi nama Febiola Andini lahir pada tanggal  27 Februari. Untuk mempermudah ingatan tentang bulan kelahiran putrinya. Pak Herman dan Bu Hera memanggilnya febi. Dua tahun setelah febi lahir, Bu Hera melahirkan lagi seorang bayi laki-laki. Bayi laki-laki itu diberi nama Yanuar. Karena lahir dibulan Januari.
Kelahiran seorang bayi baik laki-laki maupun perempuan, merupakan awal kebahagian yang dialami setiap keluarga baru.
Bagi sebuah keluarga, kelahiran bayi yang pertamadianggap sebagai peristiwa penting. Oleh karena itu, terbukti banyak orang yang memperingatinya. Orang-orang biasa menyebutnya hari ulang tahun.
c.      Hari Ulang Tahun
Anak juga memiliki peristiwa penting. Igatkah kapan hariulang tahun berarti hari kelahiranmu. Pada waktu ulang tahun, ada orang yang merayakannya. Febi akan merayakan ulang tahunnya yang ke-8. Ia merayakan dirumah bersama keluarga. Febi juga mengundang teman-temannya ke rumah. Hari ulang tahun Febi tiba. Febi senang sekali. Teman-teman sekolah datang kerumah. Ada juga yang membawa hadiah. Suasana dirumah Febi meriah. Lagu-lagu anak diputar pak herman. Ada lagu selamat Ulang Tahun. Ulang tahun Febi meriah. Pak Herman dan Bu Hera memberi hadiah pada Febi. Febi dibelikan sepeda baru. Febi berterima kasih kepada orang tuanya. Perayaan ulang tahun akan selalu diadakan setiap tahun bagi keluarga yang mampu cukup untuk diigat saja. Merayakan dan mengigat hari ulang tahun adalah mengungkapkan rasasyukur kepada Tuhan Yang Maha esa. Rasa syukur atas nikmat hidup, kesehatan serta rezeki yang banyak. Akan tetapi, dalam masyarakat berlebihan agar tidak terjadi pemborosan.

d.     Menepati Rumah Baru
Keluarga Pak Herman dan Bumah mungil bercat kuning itu terletak di Jalan melati no. 1. Pak Herman sangat puas karena setelah menabung sekian lama akhirnya Pak Herman dapat membeli rumah sendiri. Bu Hera sibuk membersihkan rumah dan menata perabotan. Febi sibuk meghias kamar tindurnya.
Menepati rumah baru juga merupakan peristiwa yangtidak kalah pentingnya, karena rumah sebagai tempat tinggal, sebagai tempat tinggal, sebagai tempat tinggal, sebagai temapat berteduh dari udara panas, hujan,angin, dan sebagai tempat berlindung dari gangguan binatang buas. Rumah juga digunakan sebagai tempat pertemuan seluruh sanak saudara atau famili. Bagi sebuah keluarga, bercanda,bercerita, dan berbagai rasa baik suka maupun duka seiring dilakukan dirumah. Memiliki dan bisa menepati rumah baru adalah suatu kebahagiaan. Oleh karena itu seluruh anggota keluarga wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan razeki yang banyak sehingga dapat memiliki rumah. Rasa syukur dilakukan dengan selalu berdoa setiap saat, agar Tuhan Yang Maha Esa selalu memudahkan rezekinya bagi kita.
2.     Peristiwa yang Tidak Menyenangkan
Selain peristiwa yang menyenangkan, ada peristiwa yangtidak menyenakan.
a.      Sakit
dodi juga punya peristiwa masa lalu yang kurang menyenangkan.
Sudah dua hari Dodi tidak masuk sekolah. Dodi sakit batuk dan pilek. Badannaya demam, Dodi tidak bisa bermain, hanya berbaring ditempat tidurnya. Ayah dasn ibu membawa Dodi ke dokter. Dokter memeriksa Doni obat di apotik. Setelah minum obat dan istirahat, sakit Dodi membaik. Dodi bisa kembali masuk sekolah. Dodi tidak akan lupa peristiwa sakit itu.
b.     Mendapat nilai jelek
Hari senin kelas 2 ada ulangan IPS. Ibu guru sudah memberitahu sebelumnya. Yoga bingung, dia tidak ingatapa saja yang sudah diajarkanoleh bu guru. Karena hari minggu kemarin Yoga bermain seharian dan malamnya tidak belajar. Yoga mencari contekan, tapi tidak ada yang  memberi. Bu Guru memberi pengumuman. Siapa saja yang menyontek sewaktu ulangan akan dikeluarkandari kelas. Yoga terpaksa mengerjakan sendiri. Keesokan harinya kehasil ulangan akan dikeluarkan dari kelas. Yoga mengajarkan sendiri.  keesokkan harinya hasil ulangandibagikan. Banyak teman Yoga sangat jelek. Yoga menyesal telah melupakan kewajiban belajarnya. Yoga terlaluasik bermain. Yoga malu pada bu guru, yoga juga malu pada teman-temanya.  Yoga merasa bersalah pada orang tuanya,karena ibu sudah mengigatkan Yoga, tetapi Yoga tidak menurut. Yoga berjanji akan mendahulukan pelajaran daripada bermain. Kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi Yoga. Sejak saatitu Yoga lebih giat belajar. Pada ulangan berikutnya, Yoga mendapatkan nilai yang bagus. Ibu Buru memuji Yoga,Yoga bangga karena nilainya bagus,tetapi Yoga tidak boleh sombong, begitu nasihat Bu guru. Semua orang pasti pernah mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan. Pengalaman yang tidak menyenangkan bisa memberikan kita pelajaran. Kita bisa memperbaiki diri dari pengalaman yang kurang menyenangkan. Kita juga bisa belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar